• Recent Post

    Review Kamera Iphone 7 Plus

    Review Kamera Iphone 7 Plus - dua lensa
    Review Kamera Iphone 7 Plus - Pada september lalu Apple telah meliris iphone keluaran terbaru yaitu iphone 7 Plus. Meski tidak berbeda jauh dengan iphone 6S Plus, tapi iphone 7 Plus punya kelebihan yang tidak dimiliki pendahulunya yaitu adanya dua kamera di belakang.
    Banyak kelebihan yang dimiliki kamera iphone 7 Plus, pengguna bisa memanfaatkan lensa sudut lebar, juga bisa melakukan zoom dengan jangkauan yang lebih panjang. Bahkan terdapat fitur potrait yang dapat menghasilkan latar belakang yang mirip seperti hasil foto dari kamera DSLR.

    Baca juga Review Apple Iphone 7 & Iphone 7 Plus Part I dan Part II

    Desain, Kontrol Pengguna, dan Fitur

    Review Kamera Iphone 7 Plus - user interface
    Iphone 7 Plus memiliki ukuran 5.5 inci, sehingga dikategorikan ke dalam phablet, dengan layar yang besar memberikan kemudahan bagi penggunanya ketika ingin memotret. Kemudahan lain yaitu pada tombol pengaturan suara atau volume juga bisa diguunakan sebagai tombol jepret.


    Meskipun memiliki layar yang mumpuni, sayangnya body yang terlalu tipis (7,3mm) yang dipadu dengan body lebar (77.9mm), sehingga kurang nyaman jika digunakan memotret satu tangan. Solusinya adalah pasangkan case agar lebih memudahkan ketika mengenggamnya.
    Review Kamera Iphone 7 Plus - control

    Performa Cepat

    Seperti halnya iphone keluaran terdahulu, Apple termasuk pelit soal pengaturan. Tidak terdapat mode manual untuk melakukan pengaturan rana, white balance, ISO. Terdapat beberapa mode yang ditawarkan Slo-Mo, Time-Lapse, Photo, Video, Square, Potrait, dan Panorama. Adapaun Fitur-fiturnya ada Filter, Timer, Live, HDR, dan Flash.
    Untuk perfoma terbilang luar biasa. Contohnya ketika ingin mengambil foto berturut-turut (burst) hanya perlu dilakukan dengan menahan ikon jepret. Bahkan foto burst yang berjumlah puluhan dan ratusan dapat disimpan dengan sangat cepat (instan), dan hanya sekejap kamera iphone telah siap kembali digunakan untuk memotret.

     Kamera Utama

    Review Kamera Iphone 7 Plus - dua lensa
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kalau Apple melengkapi Iphone 7 Plus dengan dua sensor kamera yang sama-sama beresolusi 12 MP dan memiliki lensa berbeda. Jadi, kamera belakang Iphone 7 Plus bukan “satu sensor kamera dengan dua lensa”.
    Kamera default pada iphone 7 Plus menggunakan lensa sudut lebar, pada bagian lensa sebelah kiri memiliki lensa 28mm f/1.8 dengan ukuran sensornya kurang lebih 1/3 inci. Pada kamera sebelah kanan menggunakan lensa 56mm f/2.8.
    Lensa kamera kiri dilengkapi Optical Image Stabilization (IOS), dengan fitur ini maka dapat digunakan di tempat gelap dengan kecepatan rana rendah. Dengan bukaan maksimal yang mencapai f/1.8 maka memiliki keunggulan bila memotret ditempat gelap, hal inilah yang membedakan dengan iphone 6S/6S Plus yang hanya memiliki f/2.2. Adapun untuk kamera sebelah kanan lebih cocok digunakan untuk melakukan zoom atau memotret dengan cara close-up.

    Hasil Foto Iphone 7 Plus

    Review Kamera Iphone 7 Plus - hasil foto
    Untuk hasil foto dari kamera utama hasilnya terbilang bagus untuk ukuran ponsel, menghasilkan warna yang imbang dan natural seperti tampilan aslinya, hal ini karena kamera iphone 7 Plus memiliki reproduksi warna serta akurasi auto white balance yang baik. Ketika Anda sedag memotret lebih dianjurkan menggunakan mode HDR karena akan menghasilkan foto yang alami dan natural.
    Untuk fokus kamera (ketajaman) dengan ukuran 12 megapixel terbilang cukup bila ingin dicetak pada ukuran kartu pos. Sayangnya adanya tambahan noise reduction pada kamera 7 Plus terbilang lumayan agresif, sehingga dapat mengurangi fokus atau ketajaman gambar.


    Kesimpulan

    Bila membandingkan dengan produk keluara terdahulu yaitu iphone 6S/6S Plus maka terjadi peningkantan yang signifikan, bukan hanya pada kualitas foto yang dihasilkan tapi juga performa perangkat yang jauh lebih powerfull.


    Keunggulan
    • ·         Tersedia dua pilihan kamera dan lensa
    • ·         Menghasilkan foto dengan sudut lebar yang sangat bagus
    • ·         Penambahan fitur OIS yang sangat membantu
    • ·         Dapat menghasilkan foto ala kamera besar dengan mode potrait
    • ·         Performa yang tinggi dengan rekaman video 4K

    Kekurangan
    • ·         Kamera kedua kurang baik bila digunakan dalam kondisi cahaya minim
    • ·         Noise reduction yng cukup menganggu
    • ·         Mode pengaturan manual yang minim
    • ·         Body ponsel yang tipis sehingga agak licin ketika memotret

    No comments:

    Post a Comment

    About Me