• Recent Post

    Destinasi Wisata yang sayang dilewatkan saat berkunjung ke Malang

    wadisaputraBila musim liburan tiba, rasanya bersemangat untuk merencanakan liburan menjelajahi tempat-tempat rekreasi bersama teman dan keluarga. Malang, yang selalu sarat dengan ikon apel nya, memiliki banyak tempat-tempat wisata yang sayang bila tak disambangi. Di sini akan diulas tempat-tempat wisata tersebut dan sisi lain yang menarik sebagai tujuan berakhir pekan di Kabupaten ini.
    Besarnya perhatian pemerintah terhadap perkembangan pariwisata di Malang telah menjadikan kota ini sebagai tujuan wisata yang menjadi magnet wisatawan dalam dan mancanegara.

    1.       Kebun Petik Apel


    Kebun apel sudah sejak  lama menjadi ikon wisata kota Malang. Daya tarik ‘apel petik sendiri’ yang memberi sensasi panen membuat pengunjung merasa terlibat dalam pengalaman dekat dengan alam. Oleh sebab itu tempat ini menjadi amat disayangkan sekali jika tidak disambangi karena ini objek yang terkenal setiap tahunnya digandrungi pengunjung senusantara bahkan mancanegara.
    Untuk memasuki tempat perkebunan apel ini pengunjung dapat membeli tiket masuk agar setiap orang bisa memasuki area perkebunan dan memetik apel dari pohon. Ada beberapa tempat perkebunan di Malang yang memang dikelola sebagai agrowisata apel.
    Diantaranya adalah Kusuma Agrowisata, Kelompok Tani Makmur Abadi yang menawarkan pesona syurga apel yang terkenal ini. Banyak hal menarik selain memetik apel yang bisa dilakukan disini. Misalnya tempat berkuliner yang menjual makanan berbahan dasar apel, dan juga minuman apel yang menyegarkan. Selain apel di perkebunan ini juga memiliki perkebunan stroberi, sayuran dan lainnya.

    2.       Pantai Balekambang


    Pantai ini memiliki pura di atas pulau karang mirip seperti Tanah Lot Bali. Bedanya, pura ini berukuran lebih kecil dan sengaja dibangun pada tahun 1985 oleh bupati Malang mengikuti sesuai desain Pura Tanah Lot. Pura yang dihubungkan jembatan beton sepanjang 100 meter ini terlihat menarik dan eksotis terutama pada saat matahari sunset.
    Bukan hanya pura yang menjadi daya tarik di tempat wisata di Malang ini. Pantai Baleambang memiliki pesona yang memikat karena kecantikannya. Hamparan pasir cerah dan ombaknya yang sayup dan gelombang kecil pun menjadi pemandangan menarik.
    Berenang atau sekadar bermain air akan sangat berkesan dilakukan di sini. Ada juga tempat bersantai di pendopo, menyantap kuliner di sekitar atau berburu souvenir di toko sekitar pantainya.

    3.        Wendit Water Park


    Wendit Water Park dikenal dengan Taman Pemandian Wendit pada awalnya. Tempat wisata ini menawarkan dua macam pemandian yaitu telaga alami dan kolam renang buatan.
    Telaga alami kedalamannya 2 meter dan suhu airnya antara 18-250C. Menurut legenda kepercayaan warga setempat, katanya air di telaga ini bisa membuat awet muda dan panjang umur. Ada juga kolam renang buatan yang biasa disebut juga dengan water park. Tempat  ini lebih menarik untuk anak-anak karena bermacam papan seluncur air dan ember tumpah raksasa yang menggantung di tengah kolam di waterpark ini.
    Selain kedua pemandian, tempat wisata ini juga memiliki danau buatan yang dapat dikelilingi dengan menggunakan perahu dan sepeda air. Kolam untuk memancing juga ada dan wahana permainan seperti worm coaster dan flying fox tersedia di sini.

    4.       Coban Pelangi


    Coban Pelangi di Kecamatan Tumpang jaraknya sekitar 132 km dari pusat kota Malang. Terkadang dengan terpaan sinar mentari akan tampak pelangi di antara aliran air terjun dengan ketinggi an 30 meter ini.
    Bermain air di tepi air terjun menjadi lebih seru sambil menikmati kuliner di warung atau duduk-duduk di pendopo yang tersedia. Coban pelangi ini berada di ketinggian 1.299 meter di atas permukaan laut, sehingga suhu udaranya sangat sejuk dan nyaman untuk refreshing.
    Lokasi tempat ini bisa dicapai dengan menempuh perjalanan melewati hutan pinus, perbukitan dan menyeberangi sungai. Meski terkesan melelahkan dan jauh, namun pemandangan yang indah selama perjalanan akan membuat waktu terasa singkat dan letih pun tak terasa.

    5.       Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo


    Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo adalah tempat pusat kerajinan yang menyediakan oleh-oleh berupa camilan. di Jalan MT Haryono XI, terdapat sentra kerajinan keramik-keramik unik untuk dijadikan oleh-oleh pulang berwisata dari kota Malang.
    Di sepanjang jalan, kira-kira terdapat 30 an toko kerajinan yang menjual berbagai jenis keramik mulai dari mug, piring, guci, asbak, vas bunga,sampai hiasan meja dinding. Ciri khas dari Sentra keramik Dinoyo ini adalah motifnya yang rata-rata berupa flora dan fauna. Selain membeli untuk oleh-oleh, di tempat ini juga bisa menerima pesanan dalam jumlah banyak untuk souvenir pernikahan atau acara-acara lainnya.

    Dari sekian banyaknya objek wisata di malang yang menarik dikunjungi, 5 yang diulas di atas adalah tempat yang bisa anda jadikan prioritas bila berkunjung ke malang. Pengalaman jalan-jalan di Malang menjadi perjalanan yang tak terlupakan.

    No comments:

    Post a Comment

    About Me