• Recent Post

    Pantai-Pantai Terindah Sepanjang Pesisir Selatan Pulau Jawa

    Pantai pesisir selatan pulau jawa sudah terkenal karena pesona ombak pantainya yang berdebur indah. Berbagai pantai di sepanjang selatan pulau jawa ini banyak disukai wisatawan dan sudah terkenal baik dalam maupun luar negeri. Alam pantainya yang asri dan hamparan pasirnya yang indah menggoda keinginan siapapun untuk mendatanginya. Berikut ini pantai-pantai terindah sepanjang pesisir selatan pulau Jawa.
    1.       Pantai Sawarna
    Pantai di selatan Banten yang memiliki hamparan pasir putih bersih disatu sisi serta karang yang menjulang di sisi lainnya, banyak menjadi buah bibir wisatawan dikarenakan keindahan alam yang begitu menawan. Bahkan beberapa menyebutnya sebagai Bali-nya pulau Jawa. Memang, keindahan pantai Sawarna ini dapat di sejajarkan dengan pantai-pantai indah seperti di pulau dewata Bali.

    Pantai ini merupakan salah satu objek wisata andalan di Banten karena keindahannya yang memiliki berbagai objek menarik dan unik, sebagai pantai terindah yang ada di provinsi Banten.

    Pantai Sawarna yang terkenal ini jaraknya sekitar 150 km dari Rangkasbitung, berada di desa Sawarna kecamatan Bayah kabupaten Lebak provinsi Banten. Jika ditempuh dari Jakarta kira-kira memakan waktu sekitar enam jam. Sawarna memiliki spot unik di Tanjung layar, yaitu Batu layar yang menjulang tinggi di tepi karang pantainya.

    Pantai Sawarna adalah pantai yang menghadap ke Samudera Hindia yang mempunyai ciri khas ombaknya yang besar dan berarus yang kuat. Oleh sebab itu banyak wisatawan surfer dari berbagai belahan dunia ingin berselancar di sini merasakan sensasi keganasan ombaknya. Letaknya yang agak terpencil membuat pantai Sawarna bagaikan surga yang tersembunyi di belantara jawa.

    2.       Pantai Klayar

    Pantai Klayar memiliki keistimewaan hamparan pasir putih yang luas dan batu karang yang mirip Sphinx, terdapat karang bolong, seruling laut, serta air mancur alami setinggi 10 meter.


    Pantai Klayar berada di desa Kalak, kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari arah Gunung Kidul melalui daerah Wonosari ke pantai Klayar Pacitan hanya menempuh sekitar 2,5 jam saja.
    Luasnya hamparan pantai bila melintasi jalan Pacitan – Wonogiri dapat dinikmati di sini. Pantai Klayar ini begitu eksotis pantainya, paling indah di Jawa karena nuansa alam yang begitu kental, asri, dan alami.
    Berwisata ke pantai Klayar Pacitan memang merupakan kegiatan menyenangkan saat berlibur, melihat para nelayan lokal yang mencari ikan dan barisan pohon kelapa rapih dan cantik ditepi pantai. Pantai Klayar seolah mempunyai magnet kuat sehingga banyak wisatawan lokal dari berbagai daerah berdatangan ke sini.

    3.       Pantai Parangtritis
    Pantai Parangtritis terletak 27 km dari selatan kota Jogja. Bila tiba lebih cepat, kita bisa naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Seluruh area Pantai Parangtritis laut selatan, hingga ke batas cakrawala akan terlihat dari ketinggian.

    Di sebelah timur tebing ini, tersembunyi sebuah reruntuhan candi yang tidak banyak dikunjungi orang. Jaraknya hanya beberapa ratus meter dari bibir Pantai Parangtritis. Untuk menuju candi, kita bisa melewati jalan tanjakan Hotel Queen of the South lalu lewat jalan setapak ke arah barat sekitar 100 m.
    Ketika matahari condong ke barat saat cuaca cerah, tibalah saatnya untuk bersenang-senang. Meski pengunjung dilarang berenang di Pantai Parangtritis, namun banyak sarana bermain di sini.
    Menyusuri permukaan pasir yang halus disapu ombak dengan bendi tak kalah menyenangkan. Bendi akan membawa kita ke ujung timur tempat gugusan karang begitu indah sehingga sering dijadikan spot pemotretan foto pre-wedding. Suasana matahari terbenam di Parangtritis membangkitkan suasana romantis.

    Pantai Pangandaran
    Objek wisata yang menjadi primadona pantai di Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran yang terletak di selatan kota Ciamis, memiliki berbagai keistimewaan seperti:
    • Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari di pantai dari satu tempat yang sama
    • Pantainya landai dan jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang lebih aman
    • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih di sisi baratnya
    • Ada tim penyelamat wisata pantai yang menjaga keselamatan pengunjung
    • Jalannya yang beraspal mulus dengan penerangan lampu jalan yang memadai
    • Terdapat taman laut dengan terumbu karang serta ikan-ikan di kehidupan bawah laut yang mempesona.

    4.       Pantai Pelabuhan Ratu
    Pantai Pelabuhan Ratu bisa menjadi tujuan wisata bersama keluarga di saat liburan tiba. Pantai ini terletak 60 km arah selatan dari Sukabumi, Jawa Barat.
    Keindahan Pelabuhan Ratu terletak pada panorama alamnya yang indah dengan hamparan pasir yang luas dan udara yang menyejukan.

    Keistimewaan Pelabuhan Ratu adalah biasa dijadikan tempat surfing atau berselancar karena gelombang air lautnya yang tidak terlalu besar tetapi cukup stabil dan panjang.
    Beberapa pantai seperti Batu Guram, Karang Sari, Cimaja, Pantai Karang Haji, Sunset Beach, Ombak tujuh, Ujung Genteng sering dijadikan tujuan wisata bagi para peselancar dalam dan luar negeri. Pada bulan Mei dan Oktober lokasi surfing sangat ramai dikunjungi sebab kondisi gelombang airnya pada keadaan tinggi.
    Sepanjang pesisir pantai Pelabuhan Ratu ini banyak Objek Wisata lainnya yang menarik seperti Pantai Karanghawu yang lokasinya menjorok ke laut. Terdapat juga sumber air panas Cisolok tak jauh dari pantai ini. Untuk merasakan pengalaman mistis dari mitos setempat, pengunjung bisa mencoba aura mistis di Samudera Beach Hotel, di kamar no. 13 yang dipercaya sebagai tempat singgah Ratu Pantai Selatan, Nyai Roro Kidul.



    Duduk di pantai dapat menghilangkan penat dengan menikmati deburan ombak yang mencumbu karang menyerupai taburan mutiara ke udara. Tampak dari kejauhan perahu nelayan yang berlayar mencari ikan. Pemandangan yang tak biasa memang, sehingga membuat pengunjung pantai selatan ingin kembali lagi karena merindukan keindahan ombaknya.

    No comments:

    Post a Comment

    About Me