• Recent Post

    Tips Lengkap Panduan Perjalanan Wisata Ke Pulau untuk Refreshing

    Tips Lengkap Panduan Perjalanan Wisata Ke Pulau untuk RefreshingMerencanakan wisata ke pulau untuk liburan mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Wisata ke berbagai tempat dengan tema kota tentu sudah biasa. Namun berwisata ke pulau memiliki daya tarik sendiri, selain tempatnya yang tenang, kita juga bisa menikmati pemandangan yang tidak kalah indahnya dibandingkan tempat lain.
    Berwisata ke pulau mungkin bisa menjadi hal yang merepotkan jika tidak direncanakan dengan baik. Hal yang kurang menyenangkan adalah ketika ketika kita ketinggalan barang-barang yang harusnya kita persiapkan sebelum berangkat. Jenis barangnya mungkin kurang lebih sama dengan perlengkapan untuk traveling. Namun tentunya ada perbedaan saat kita merencanakan perjalanan ke pulau.
    Beberapa persiapan lain juga perlu kita pikirkan, mulai dari transportasi, penginapan dan juga breakdown agenda yang perlu kita susun sebelum berangkat. Berikut tips lengkap panduan wisata ke pulau untuk refreshing.

    1.       Persiapan penginapan

    Mencari penginapan di tempat wisata pulau tentu tidak sama dengan dikota besar. Jika di kota besar kita dapat menemukan hotel yang beraneka ragam dari segi harga dan fasilitas, penginapan di pulau tentu lebih terbatas. Tipikalnya mungkin lebih berkonsep homestay, dimana penduduk setempat menjadikan rumahnya menjadi tempat penginapan. Ada juga beberapa lokasi yang menyediakan fasilitas camping di pinggir pantai.

    Mencari tempat penginapan di pulau kecil sebaiknya di rencanakan dari jauh hari. Karena bisa jadi pada musim liburan, penginapan terbatas dan padat akan pengunjung. Resikonya, kita tidak kebagian tempat menginap. Lebih mudah jika kita mengikuti paket tour and travel ke pulau, dimana pihak agen sudah berkoordinasi dengan penduduk setempat untuk ketersediaan penginapan. Persiapan ini bisa jadi hari dikonfirmasi 5-7 hari sebelum keberangkatan.

    2.       Perbekalan makanan

    Untuk urusan makan, mungkin bukan hal yang merepotkan jika kita menggunakan paket perjalanan wisata dari agen tour and travel. Namun, ada baiknya jika kita mempersiapkan bekal makanan cemilan atau minuman sebelum berangkat, seperti biscuit, snack atau makanan ringan lainnya. Karena bisa jadi pada saat menunggu kapal, selama perjalanan, atau disaat tertentu akan menjadi momen yang membosankan.

    Dengan membawa cemilan, setidaknya kita punya makanan penunda lapar dan juga menghilangkan jenuh pada saat menunggu diperjalanan. Namun perlu diperhatikan juga batas expired makanan yang kita bawa. Karena ada beberapa jenis makanan seperti roti, yang tentunya harus harus segera di konsumsi dan tidak bisa disimpan terlalu lama.

    3.       Perlengkapan dokumentasi

    Sebagian orang mungkin lebih suka menggunakan kamera handphone untuk berfoto selfi atau dokumentasi. Namun tentunya hal ini akan membuat baterai handphone menjadi lebih boros dan membutuhkan waktu untuk men-charge kembali. Mencari stop kontak di pulau tentu tidak semudah mencari stop kontak di kota besar, yang dapat dengan mudahnya kita temukan di sudut-sudut restoran, kafe, atau fasilitas public.

    Membawa kamera pocket mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat saat wisata ke pulau. Namun tentunya lebih baik lagi jika menggunakan kamera yang waterproof. Beberapa orang lebih suka menggunakan action camera yang umumnya sudah dilengkapi dengan casing waterproof, dan mudah digunakan untuk merekam video selama perjalanan.

    4.       Sendal Jepit

    Mungkin terdengar sepele jika harus membawa sandal jepit saat wisata ke Pulau, namun sandal ini memudahkan kita saat berjalan diatas pasir pantai. Amat merepotkan jika harus membawa sepatu saat ke pantai. Kita membutuhkan sandal yang mudah di bawa-bawa, tahan air dan tidak licin. Sendal yang bagus mungkin bisa juga dibawa, namun sayang jika harus dikenakan dimedan berpasir dan terkena air laut.

    5.       Kacamata hitam

    Wisata ke pulau, pasti silau. Terutama saat siang terik di pinggir pantai. Membawa kaca mata hitam akan meminimalisir silau dan membuat kita nyaman menikmati pemandangan di siang hari. Jadi, membawa kacamata hitam sebenarnya bukan hanya untuk sekedar gaya, namun memiliki segi fungsionalitas juga yang bermanfaat untuk kita.

    6.       Sunblock

    Jangan meremehkan membawa sunblock lotion saat wisata ke pulau. Bukan berarti kita manja, namun terik matahari secara langsung dipantai memang berpotensi merusak kulit. Apalagi jika berkombinasi dengan air pantai yang asin, akan terasa semakin menyengat.

    7.       Obat anti mabuk

    Wisata pulau biasanya mengharuskan kita menyebrang dengan kapal atau speedboat. Tentu hal ini bisa menyebabkan mabuk laut. Setiap orang mungkin berbeda ketahanan terhadap mabuk laut. Alangkah baiknya jika kita persiapkan obat ini sebelum berangkat. Sehingga bisa konsumsi saat dibutuhkan. Jika bukan untuk kita, mungkin bisa untuk teman-teman yang membutuhkan. Tentunya akan sulit mencari obat anti mabuk selama diperjalanan.

    8.       Handuk dan Dry bag

    Wisata ke pulau tentunya kurang seru jika tidak berinteraksi dengan air. Aktivitas di pantai tentunya akan membuat pakaian kita basah. Langkah yang tepat jika kita mempersiapkan handuk dan drybag dari awal.

    Banyak drybag dengan desain sporty dan bisa dipakai seperti tas punggung. Tentunya lebih praktis dibanding membawa kantong plastik saja. Sebelum berangkat ke pantai, bisa untuk menyimpan pakaian ganti yang masih kering, lalu kemudian menjadikannya untuk penyimpanan pakaian basah setelah  selesai bermain di pantai.

    9.       Lotion anti nyamuk

    Bermalam di pulau, biasanya lebih seru dengan adanya acara api unggun dan bakar ikan. Biasanya acara ini juga menjadi menu wajib saat kita mengikuti rundown acara jika menggunakan paket perjalanan wisata dari agen tour. Kendalanya cuma satu, yaitu nyamuk. Membawa lotion anti nyamuk membuat kita aman dari gigitan nyamuk, sehingga kita bisa lebih enjoy saat mengikuti acara api unggun dan bakar ikan.

    10.   Membawa P3K atau plester luka

    Tidak ada salahnya membawa perlengkapan P3K atau plester luka saat wisata ke pulau. Kita akan membutuhkannya, misalnya bila tersayat terumbu karang saat snorkeling. Tentu kita membutuhkan tindakan cepat di situasi darurat seperti ini.

    Wisata ke pulau memang menyenangkan. Namun lebih menyenangkan jika kita mempersiapkannya dengan baik, dengan membawa perlengkapan yang cukup. Sehingga perjalanan wisata kita tidak akan terganggu karena lupa membawa ini itu. Siapkan list perlengkapan yang akan di bawa sehari sebelum berangkat, sehingga kita tidak perlu repot mencari ini itu untuk dibawa sesaat sebelum berangkat. Selamat berlibur!

    No comments:

    Post a Comment

    About Me